Ossau Iraty - Keju paling enak


    Bagi yang demen sama keju, gue pengen ngasih info nih tentang keju yang katanya sih paling enak ya. Jadi tuh, nih keju terbuat dari susu domba, yang diproduksi sebuah industri kecil di Prancis, keju Ossau Iraty dinobatkan sebagai keju terbaik di dunia. Ini merupakan kali kedua keju tersebut mendapat gelar   terbaik dari World Cheese Awards, yang digelar di, Birmingham, Inggris.


Keju berusia 10 bulan ini dibuat oleh Fromagerie Agour, industri keluarga yang berbasis di barat daya Prancis, seperti dilansir dari nydailynews.com


Kemenangan yang didapat Ossau-Iraty merupakan kemenangan tipis dari British Conish Blue yang memegang gelar juara tahun lalu. Ossau-Iraty sendiri penah mengantongi kemenangan 2006.


Keju Ossau-Iraty merupakan salah satu dari dua keju susu domba yang berlabel AOC di Prancis. Label tersebut merupakan singkatan dari 'appellation d'origine controlee', yang berarti dibuat dalam kontrol risinalitas ketat.


Keju tersebut juga dilengkapi sertifikat, untuk melindungi teritori produk dari tempat asalnya. Artinya keju tertentu hanya bisa dibuat di daerah tertentu.


Nama Ossau-Iraty menunjukkan lokasi geografis, tempat dibuatnya yaitu lembah Ossau di Bearn dan lembah Iraty di Northern Basque Country bagian barat daya Prancis.


Untuk menghargai siklus alami dari binatang, susu dan keju hanya dibuat saat musimnya. Susu berasal dari domba jenis Manech Tete Noir, Tete Rousse dan Basco-bearnaises, asli Pyrenees yang menghabiskan hidupnya dengan merumput.


Keju dibuat dengan metode kuno, yaitu menggunakan susu mentah yang tidak dipastreurisasi. Tidak dimasak lalu di-pressed dan didiamkan selama sekitar 80 sampai 120 hari.


Penasaran dengan rasanya? Butik keju online, Fromages.com, mendeskripsikan keju ini berwarna putih, teksturnya kenyal, lembut, dan rasanya sangat kuat seperti kacang.